Monday, May 23, 2016

Nugget ikan Lele | Berbagi Informasi


NUGGET IKAN LELE

Assalamu’alaikum Wr Wb,

Kali ini kami akan menyajikan resep praktis, kita akan berbagi informasi  tentang  cara membuat Nugget, yaitu Nugget Ikan Lele.
Moga ini akan bermanfaat bagi kita semua, terutama para Sahabat SAMARA yang Tersayang

Salah satu jenis komoditas Perikananan Darat di Kabupaten Muara Enim yang Paling dominan yaitu Budidaya Ikan Lele,  karena setiap Tahun Budidaya Ikan Lele terus bertambah dan produksi ikan Lele terus meningkat. Di sisi lain, peningkatan jumlah produksi Lele ini tidak diikuti dengan pengolahan Lele secara bervariasi. Pengolahan yang paling populer yaitu dengan di goreng dan disajikan sebagai pecel Lele. Bentuk pengolahan lain adalah dengan diberi bumbu mangut (mangut lele). Jenis olahan lele yang monoton ini dikhawatirkan dapat menyebabakan kebosanan pada masyarakat dalam mengkonsumsi Lele. Selain itu, olahan yang ada selama ini cendrung kurang di sukai oleh anak-anak padahal nilai kandungan gizi dalam lele sangat baik bila dikonsumsi. Oleh karena itu perlu adanya pengolahan seperti Olahan Nugget Ikan Lele.

Nugget ikan Lele merupakan jenis makanan yang terbuat dari Ikan Lele yang diberi bumbu dan diolah secara modern. Pembuatan Nugget Ikan Lele bertujuan untuk mengolah ikan tanpa mengurangi dan dapat memaksimalkan nilai protein ikan. Selain itu Anak-anak akan Cendrung Lebih menyukai Nugget Ikan Lele karena Bentuknya yang unik dan Menarik. Kegiatan Pengolahan Nugget Ikan Lele juga bisa dilakukan dirumah sendiri dan untuk Memenuhi Permintaan Pasar ikan yang kian Meningkat perlu adanya Olahan Nugget Ikan Lele skala rumah tangga. Melalaui pengolahan Nugget Ikan Lele harga jual juga meningkat dan Pendapatan Masyarakat akan bertambah.

Berikut ini adalah Cara Pembuatan Nugget Ikan Lele:

Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Nugget Ikan Lele :
  1. 500 gram daging ikan lele tanpa tulang, dihaluskan
  2. 2 butir telur ayam
  3. 100 gram tepung Tapioka
  4.    4 siung bawang putih
  5.    ½ sendok teh merica bubuk
  6.  2 sendok makan susu bubuk


Bahan Untuk Pelapis Nugget Ikan Lele :

  •   2 butir telur, ambil putihnya
  • Tepung roti secukupnya



Cara Membuat Nugget Ikan Lele
  •        Langkah pertama yang harus di lakukan adalah mencampurkan daging ikan lele yang sudah dihaluskan dengan semua bumbu yang telah disiapkan, seperti bawang, garam, merica dan susu bubuk, kemudian aduk sampai enar-benar merata
  •    Kemudian tuang adoanan dalam loyang yang telah diolesi dengan margarin agar tidak lengket, kemudian kukus sampai adonan tersebut matang. Dan jika telah matang kemudian angkat dan dinginkan.
  •   Selanjutnya potong-potong adonan nugget yang telah matang tersebut sesuai selera.
  •       Kemudian celupkan potongan adonan tersebut kedalam putih telur kemudian gulir-gulirkan pada tepung roti sampai benar-benar merata.
  •      Kemudian goreng adonan tersebut sampai matang, setelah matang dan berwarna keemasan segera angkat dan tiriskan.
  •     Nugget Ikan Lele yang sangat lezat dan gurih siap dihidangkan.

Demikianlah Berbagi informasi kali ini, sampai bertemu di info lainnya..........

Wassalamu’alaikum Wr Wb


SAMARA

No comments:

Post a Comment